10 Efek Negatif dari Banyak Makan

10 Efek Negatif dari Banyak Makan - Makan makanan halal merupakan anjuran bagi setiap muslim, karena dengan makanan halal anggota tubuh kita akan terjaga, namun apabila kita akan terjaga. Bukan hanya para ulama tasawuf yang membuktikannya namun para ahli bidang kedokteranpun sudah melakukan penelitiannya.

Namun dalam mengkonsumsi makanan yang halal juga tidak dianjurkan berlebihan, karena ada efek samping yang ditimbulkan sebagaimana hadits Rasulullah SAW makanlah saat engkau lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

10 Efek Negatif dari Banyak Makan

Berdasarkan ilmu kedokteran dianjurkan untuk banyak makan agar tubuh kita sehat, namun dalam konteks ilmu tasawuf, banyak makan akan menimbulkan berbagai efek negative kepada hati manusia itu sendiri. Karena lambung manusia bagaikan periuk yang mendidih sehingga uapnya akan mengotori hati manusia jika banyak makanan yang dikonsumsi.

Nah, Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali mengemukakan 10 efek negative dari banyak makan, berikut ini:

1. Keras hati dan hilang cahaya hati.

Berdasarkan sabda Nabi “ jangan kalian matikan hati kalian dengan banyak makan dan minum, karena hati yang mati itu seperti biji-bijian yang banyak air diatasnya. Keras hati dimaksud yaitu hati seseorang tidak dapat menerima hal-hal baik berupa nasehat, mau’izah dan lain-lain.

2. Ingin melakukan perbuatan Fasiq

Apabila seseorang sudah kenyang maka matanya ingin melihat sesuatu yang haram, begitu juga angoota tubuh yang lain seperti telinga ingin mendengar suatu yang haram, mulut ingin menggunjing, mengupat, kaki pun demikian ingin  melangkah ke tempat maksiat.

3. Hilang Kecerdasan 

Banyak makan akan menghilangkan aqal dan berefek terhadap kecerdasan. Karena jika kita ingin menunaikan keinginan kita dilarang untuk banyak makan sehingga keinginan kita tersebut dapat tertunai.

4. Malas beribadah 

Manusia apabila banyak makan akan menimbulkan berat badan dan rasa ngantuk sehingga tidak sanggup untuk beribadah kepada Allah SWT. Iblis akan menggoda manusia jika ia banyak makan walaupun hanya sesaat, bayangkan jika manusia selalu dalam keadaan banyak makan dan tak pernah merasakan kenyang.

5. Hilangnya nikmat beribadah

Saidina Abu Bakar as-Siddiq berkata “aku tidak pernah kenyang semenjak aku Islam karena aku mendapatkan kenikmatan ibadah dan aku juga tidak pernah puas minum semenjak aku Islam karena aku rindu bertemu dengan Tuhanku”.

6. Ditakutkan terjadi perbuatan haram dan syubhat. 

Banyak makan ditakutkan akan terjadi perbuatan haram dan syubhat, karena makanan yang halal

7. Selalu teringat makanan

Orang yang banyak makan akan mengakibatkan hatinya selalu teringat dengan makanan dan akan bekerja untuk menghasilkan makanan, setelah bekerja mempersiapkan makanan, kemudian memakannya dan seteleh itu buang hajad. Semua itu akan menghabiskan waktu yang banyak dan menimbulkan banyak penyakit.

8. Merasakan kesulitan dalam sakartul maut. 

9. Kurang pahala. 

10. Hilangnya sopan santun (adab)

Orang yang banyak akan menghilangkan sopan santun yang ada padanya dan orang yang hilang sopan santunnya itu ibarat binatang.

Demikianlah efek negatif dari banyak makan, semoga kita terhindar dari efek negatif ini semua. amin

Post a Comment

0 Comments