Cara Mengatasi Booting Yang Lama Pada Windows 10


Microsoft baru saja mengumumkan versi build terbaru dari sistem operasi teranyar mereka, Windows 10. Dalam kesempatan ini, Microsoft mengumumkan banyak informasi baru dan juga memberikan demo bagaimana Windows 10 bekerja pada PC/desktop, tablet, smartphone dan device.
Melalui program Windows Insider, Microsoft menerima banyak masukan dari para pengguna setia mereka dan melakukan banyak perubahan di sana sini.

Beberapa perubahan desain seperti yang terjadi pada Start Menu. Versi terbaru ini memungkinkan start menu berubah menjadi start screen yang bersifat full screen. Terdapat pula penambahan Action Center seperti pada smartphone yang menyediakan akses cepat ke berbagai aksi yang sering dilakukan seperti mematikan Wi-Fi, bluetooth dan pengaturan lainnya.

Notifikasi sekarang tersinkronisasi dan tidak akan saling tumpang tindih. Windows 10 juga disempurnakan dengan mode Kontinuum, sehingga sistem menyesuaika dengan mode perangkat, apakah berada pada perangkat yang mendukung sentuhan atau PC biasa.
Namun, berita baik pertama yang kita dapatkan adalah proses upgrade dari sistem operasi Windows 8.1, Windows Phone dan Windows 7 tidak akan dipungut bayaran.

Booting Yang Lama Pada Windows 10

Terbilang sangat baru namun banyak yang sudah menggunakan Windows 10 dan menemukan masalah saat menyalakan komputer dengan sistem operasi Win 10 ini lambat. Kenapa bisa lama saat booting dilakukan di Win 10. Ada beberapa cara mempercepat waktu booting di komputer dengan sistem operasi Windows 10. Silakan di simak cara-caranya di bawah ini.


1. Install antivirus kemudian scan komputer kalian
Virus bisa saja masuk atau sudah ada saat komputer kalian masih dengan sistem operasi Win 8 atau 7 yang kemudian kalian upgrade ke Win 10 yang menyebabkan komputer kalian lama saat booting atau saat di nyalakan. Jadi install antivirus yang kalian pilih seperti Avira, Avast, bisa juga AVG atau antivirus lainnya. Kemudian Scan komputer kalian agar terhindar dari virus.

2. Mendisable/Menonaktifkan Software atau beberapa Service saat Startup
Gunakan Task Manager untuk proses mendisablenya tekan Ctrl + Shift + Esc atau klik kanan pada Task Bar --> kemudian ke tab Startup lalu pilih yang paling tinggi atau yang kurang penting menurut kalian untuk di nonaktifkan saat Startup atau saat komputer baru menyala.

Saat startup di lakukan pada komputer, memang jika terlalu banyak service atau software yang di jalankan membuat komputer kita agak lama saat booting ini terjadi di semua sistem operasi windows lainnya.

3. Enable/Aktifkan sistem FastStartup
Windows 10 memiliki sistem FastStartup yang dapat mempercepat kinerja komputer saat booting. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara ke Control Panel --> lalu ke Power Options. Klik Choose What The Power Button Does di sebelah kiri, lalu klik Change Settings That Are Currently Unavailable. Lalu akan muncul kotak dialog kemudian ceklis pada pilihan Turn On Fast Startup kemudian save. Lalu restart komputer kalian.

4. Gunakan "Delayed Start"
Dengan cara ini komputer kalian akan mendelay atau menunda service/sistem software saat booting. Jadi proses booting menjadi lebih cepat. Caranya tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run --> kemudian ketik services.msc lalu Enter.
Kemudian akan muncul list dari service Pilih service yang akan di delay Klik kanan, Open --> lalu ganti setingan Default menjadi Delayed Start, save kemudian restart komputer kalian.

Itulah beberapa tips agar komputer dengan sistem operasi Windows 10 bisa lebih cepat saat booting. Silakan di coba dan semoga berhasil.

Update

Cara Membuat Booting Windows 10 Kurang dari 10 Detik (JalanTikus)


  • Klik kanan pada bagian menu dibawah Windows 10, lalu pilih Task Manager


  • Kamu akan masuk ke halaman Task Manager seperti ini


  • Pilih Tab Startup pada Task Manager


  • Pilih software yang tidak kamu gunakan untuk dimatikan ketika booting. Klik kanan pada software yang tidak digunakan lalu pilih Disable. Untuk mengaktifkan kembali pilih Enable.


  • Nantinya software yang kamu disable akan memiliki status disable


Sangat disarankan untuk disable setiap software yang tidak berhubungan dengan system karena dengan mengurangi software yang dijalankan ketika startup maka akan meningkatkan kecepatan booting Windows itu sendiri. Windows 10 booting lebih cepat dan tanpa software.

via JalanTikus.com

Chilo Berbagi.

Post a Comment

4 Comments

  1. thanks gan, tapi udah ane coba masih saja agak lama loadingya, cepetan windows 8.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah om klo spec kurang mumpuni kaya pc ane :D
      tapi ane lebih milih win 7 aja :'v

      Delete
  2. Tapi kerenloh win 10 nya ada xbox onenya mayan bisa maen :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan setuju jadi punya game laen :D

      Delete