Tips Belanja Murah Saat Umrah

Infoku12 - Meski berorientasi ibadah, perjalanan umrah biasanya tak terlepas dari aktivitas belanja. Umumnya jemaah umrah, terutama mereka yang berasal dari Indonesia, akan menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh sebelum kembali ke Tanah Air.
Namun tahukah Anda? Ternyata, jemaah umrah asal Indonesia merupakan favorit dari para pedagang yang ada di sekitar Masjidil Haram atau Nabawi. Jemaah asal Indonesia dianggap cukup royal dalam berbelanja. Di samping itu mereka dikenal sangat ramah.
Saat jemaah Indonesia lewat di depan toko-toko di sekitar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, para pelayan toko yang kebanyakan orang Arab Yaman akan menyapa jemaah Indonesia."Apa kabar? Indonesia bagus. Ayo mari lihat murah-murah, halal, halal..."
Begitulah tawaran para pelayan toko agar jemaah mau melihat barang-barang yang dijual di tokonya. Bermacam produk ditawarkan di lokasi ini. Mulai dari baju, tasbih, siwak, celana, kain, sandal, celak, Alquran, hingga beraneka ragam pernak-pernik.
Nah, ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda yang ingin berbelanja di Mekah dan Madinah. Berikut ulasannya.
1. Buatlah perencanaan belanja atau daftar barang yang Anda butuhkan. Hal ini penting agar Anda tak berlebihan dalam belanja. Jika ada barang-barang yang bisa dibeli di Tanah Air dan mungkin harganya lebih murah, maka jemaah tak perlu membelinya di Mekah atau Madinah. Apalagi kini sudah banyak toko 'oleh-oleh haji' di Indonesia.

Post a Comment

0 Comments