Cara Memilih Istri Yang Baik Dan Tepat

Cara Memilih Istri Yang Baik Dan Tepat - Langkah dalam menentukan istri yang baik serta tepat yang perlu di ketahui kaum pria dalam membina sebuah rumah tangga yang bahagia dunia akhirat. Bila anda mau pasangan anda baik dalam hal agamanya, jadi pastikan anda juga baik segi agamanya, lewat cara menjauhi larangan serta melakukan perintah Allah Taala.

Jangan mengharapkan mendapatkan istri yang shalihah seperti Fatimah RA, bila mempunyai moral serta akhlak yang bejat. Seperti anda suka berbuat zina, minum yang haram seperti alkohol, main judi, melakukan pergaulan yang bebas, penggunaan narkoba serta korupsi. Penilaian teliti serta cermat yang sesuai dengan tuntutan Islam adalah hal paling utama yang perlu dilakukan. maka cara memilih istri yang tepat adalah  hal yang mesti anda ketahui.

Cara Memilih Istri Yang Baik Dan Tepat

Mencari jodoh untuk kita jadikan istri memang hal yang susah-susah gampang. Sebagian besar lelaki lebih condrong hatinya  pada wanita yang wajahnya cantik atau keren, tetapi tak selama-lamanya aspek fisik membuat hati kaum pria menjadikan seseorang wanita sebagai pasangan hidupnya.

Bila memilih istri yang tepat, jadi yakinkan dahulu kalau diri anda layak memperoleh jodoh yang shaleh atau sholehah. Atau boleh jadi, aspek fisik tetaplah jadi pertimbangan, tetapi bukanlah hal ini merupakan prioritas yang  paling utama. Terdapat banyak aspek yang lebih utama yang perlu kita jadikan sebagai prioritas dalam memilih istri untuk kita jadikan pasangan hidup.

Cara Memilih Istri yang Baik serta Tepat

Pilih istri sholehah dengan menguji hati nurani masing-masing. Hingga meyakini kalau perempuan yang akan jadikan istrinya yaitu sesuai dengan yang jadi tuntunan Islam.

Rasulullah SAW bersabda :

“Perempuan itu dinikahi atas 4 macam kriteria, yakni : karena harta yang dimilikinya, karena keturunannya, karena kecantikan dirinya, atau karena agama si perempuan. Akan tetapi, pastikan anda memilih berdasar pada agamanya supaya dirimu selamat. ” (H. R. Bukhari serta Muslim).

1. Taat Beragama

Al Quran dan juga Hadits yaitu 2 hal yang harus untuk jadikan pegangan hidup. Mentaati hukum-hukum yang sudah ditetapkan dalam syariah akan memberikan kita harapan  kalau ia nantinya akan menaati sang suami. Agama Islam sudah mengambil keputusan suami sebagai orang ke-2 sesudah Allah untuk ditaati oleh seorang istri, saat  sang suami masih dalam ketaatan ke pada Allah SWT dantak berseberangan dengan perintah Allah Taala serta larangan-Nya.

2. Cantik

Kecantikan wajah yang dimiliki oleh wanita adalah bersifat relatif. Yang penting adalah menciptakan rasa senang dalam hati suami dan tertarik untuk bersama-sama membangun sebuah rumah tangga yang bermuara dengan sakinah dan hidup damai. Tanpa rasa senang dalam jiwa dan terpikat akan sangat sulit untuk tercipta kemesraan rumah tangga.

Oleh karena itu, laki-laki yang ingin  memilih istri  sebagai calon pasangan hidupnya  harus bertanya dulu kepada dirinya masing masing apakah hatinya benar-benar senang dan terpikat dengan wanita tersebut ataupun tidak. Jujurlah dalam hal menghayati perasaan diri kita sendiri dalam memperhatikan setiap perempuan yang kita ingin kan sebagai istri kita kelak.

3. Keturunan yang Baik.

Memilih calon istri yang berasal dari keluarga yang baik-baik dan juga  bertakwa . Bila sang calon kita berasal dari keluarga tidak peduli terhadap agama, misalnya dia suka dengan meninggalkan shalat 5 waktu, tidak taat dalam berpuasa, pecandu seperti narkoba, berakhlak tidak baik, maka sebaiknya anda untuk berhati-hati agar anda bisa selamat dari hal-hal yang buruk saat membina sebuah rumah tangga dengannya kelak.

4. Harta

Setiap laki-laki tentu perlu memperhatikan aspek yang satu  ini sebagai suatu pertimbangan terhadap wanita  yang menjadi calon dari istrinya agar sang lelaki terhindar dari hal yang tidak kita inginkan pada  kemudian saat kita berumah tangga.

Uang merupakan bukan segalanya, akan tetapi uang dapat menjadi hal yang menyebakan banyak kegagalan berumah tangga sebab  kesulitan ekonomi. Namun  hal ini bukanlah suatu faktor utama sebab uang dan kekayaan dapat kita cari dengan cara berbisnis atau dengan kerja keras.

5. Sederhana

Pilih istri yang mempunyai pola hidup simpel yaitu hal yang tidak kalah utamanya. Wanita yang sukai pamer serta tak simpel memberikan bila ia tak yakin diri ; ada kekurangan yang dia miliki serta menginginkan menutupinya dengan menunjukkan suatu hal yang lebih darinya. Seseorang istri yang baik dapat berlaku simpel serta sudah pasti dapat menghemat harta kekayaan suami.

6. Dewasa

Mencari jodoh yang bijaksana serta berlaku dewasa, adalah idaman suami ketika kesulitan didalam rumah tangga. Mereka mempunyai ciri-ciri keibuan yang suka bermain dengan anak kecil, dapat menggendong bayi, menanti mereka tidur, dsb. Wanita itu bakal jadi seseorang ibu yang terlihat khusus didalam rumah tangga.

7. Sabar

Pilih istri yang baik, berkarakter sabar serta berjiwa besar. Sebagian tingkah laku wanita sering bikin pria terganggu, hal semacam ini lah yang sering mengakibatkan perselisihan. Pada beberapa kekeliruan kecil upayakan untuk dibicarakan dengan cara baik-baik, tidak butuh emosi.

Suami semakin lebih gampang dengarkan wanita dalam suara yang lembut. Cobalah cermati langkah wanita itu bicara pada beberapa rekannya. Apakah dia senantiasa sukai bernada keras, teriak-teriak, atau jadi sopan serta senantiasa lembut dalam berucap? Karakter berikut yang mencerminkan dimana mereka bicara dengan suami serta keluarganya nantinya.

8. Menyukai Suami Apa Adanya

Semasing suami yang mempunyai istri yang hebat bakal berasumsi pasangannya yang membuatnya menginginkan jadi orang yang tambah baik. Tidak butuh muluk-muluk untuk membuatnya terasa sekian. Hal itu berlangsung demikian saja tanpa ada diakui.

Istri yang menyukai suami dengan sungguh-sungguh, apa yang ada serta tanpa ada rekayasa termasuk langka, walau sepintas tampak gampang. Bisa jadi wanita itu begitu cinta pada suami lantaran keadaan ekonomi serta kesehatan suami yang tengah lebih baik, namun pada kondisi demikian sebaliknya, kesetiaan seseorang istri teruji. Yang butuh digaris-bawahi, kesetiaan seseorang istri condong diuji saat ekonomi suami lebih buruk.

9. Penyayang serta Perhatian

Pilih istri yang pas, senantiasa perhatian serta memberi cinta tanpa ada prasyarat. Pria menginginkan disambut dengan baik di waktu ia datang dari melancong, serta senantiasa disayang saat tengah ada dirumah. Tetapi ada type pria yang menginginkan istrinya jadi orang yang dapat mengubahnya setiap waktu. Wanita type ini begitu ideal untuk pria yang sensitif dalam kehidupannya.

10. Terima Orang Tua Pasangan

Mencari jodoh untuk jadikan istri yang baik dengan ciri-ciri menyayangi orangtua pasangan atau mertua. Tidak cuma waktu di pelaminan ingin hormat dengan mertua, kemudian dia tidak ingin terima ayah/ibu sang suami. Fungsi seseorang istri begitu besar dalam mempererat jalinan suami dengan ortunya.

Apabila seseorang istri sukai melindungi serta pelihara jalinan dengan kerabat-kerabatnya, baik dari pihaknya sendiri ataupun dari pihak suaminya, jaringan jalinan kekeluargaan bakal jadi luas, hingga mempermudah mereka untuk sama-sama terima serta berikan pertolongan.

Untuk hindari terjadinya beberapa hal yg tidak dikehendaki dalam rumah tangga, sebaiknya tahu bagaimana cara  pilih istri yang baik, beriman serta bertakwa. Janganlah gampang tertipu penampilan sekilas pada kecantikan, harta serta status sosial yang semakin banyak dibangkitkan oleh materi yang sifatnya sesaat.

Post a Comment

0 Comments