Beberapa Tips Pola Makan Yang Sehat

Makanan sehat, makanan yang bergizi tinggi seperti sayur-sayuran, buah, ataupun makanan lainnya jika di konsumsi berlebihan tidak akan menghasilkan pengaruh baik pada tubuh kita.

Pola makan sehat sangat diperlukan untuk menunjang kinerja tubuh kita di kehidupan sehari-hari. Dengan mengatur pola makan kita yang baik, maka bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes mellitus (kencing manis), kanker, darah tinggi dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang mungkin bisa ditimbulkan oleh salah dalam menerapkan pola makan.
Pola Makan Sehat
Pola Makan Sehat

Ini dia tips mengatur pola makan dengan sehat dan benar

Aturlah jam makan anda sejak saat ini.
Jadi anda memang makan pada jam-jam tertentu yang sudah anda atur sebelumnya. Misalnya anda mengatur jam makan anda adalah 3 kali sehari dengan jam yang sudah ditentukan. Maka anda harus makan hanya pada jam yang sudah anda tentukan tadi. Ini bertujuan untuk menghindari makan makanan yang tidak perlu di jam-jam yang lain yang bisa menyebabkan obesitas.

Makanlah sayur dan buah-buahan segar
Untuk mengimbangi nutrisi yang anda konsumsi, tentunya anda harus mengkonsumsi berbagai macam mineral dan juga vitamin yang ada dalam buah dan sayur. Selain itu, buah dan sayur kaya akan serat yang baik sekali untuk pencernaan. Selain itu buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di tubuh. Usahakan memakan sayur dan buah setiap hari.

Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi.
Makanan berlemak tinggi memang rata-rata memiliki rasa yang nikmat di tenggorokan kita, tapi belum tentu baik untuk kesehatan. Sangat penting untuk menghindari makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan, daging berlemak, kulit ayam dan juga makanan yang bersantan. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan penumpukkan kolesterol dalam darah yang bisa menyumbat aliran darah. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai mengurangi bahkan menghindari makanan yang berlemak tinggi.

Makan karbohidrat secukupnya saja.
Berhentilah sebelum kenyang, jangan main nambah ketika merasa sangat lapar. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidarat akan di ubah menjadi glukosa dalam tubuh yang bisa menghasilkan energi. Namun jika glukosa ini berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti disntaranya adalah obesitas dan juga kencing manis. Untuk menghindari hal ini. Sangat penting untuk mengendalikan konsumsi karbohidrat.

Menyesuaikan dengan tubuh Anda
Tubuh mempunyai caranya sendiri untuk menentukan nutrisi apa dan seberapa banyak nutrisi yang ia butuhkan. Begitu pula dengan tubuh. Dilansir dari mindbodygreen.com, tidak semua makanan, nutrisi, dan pola diet cocok untuk Anda. Oleh karena itu sebelum menentukan makanan, jenis nutrisi, dan pola diet ada baiknya Anda mendengarkan tubuh Anda terlebih dahulu.

Menyisakan makanan di piring
Banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk tidak menyisakan makanan di piring mereka. Namun ternyata dengan menyisakan makanan di piring, Anda memberi kesempatan bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dengan baik sehingga rasa kenyang pun akan datang lebih cepat. Anda pun juga dapat benar-benar menikmati makanan tersebut.

Mengatur rasa lapar
Rasa lapar yang amat sangat dapat terjadi tidak hanya karena Anda benar-benar lapar. Bisa saja itu terjadi karena pengaruh emosional Anda. Oleh karena itu sebelum melahap suatu makanan, pikirkanlah apakah Anda memang benar-benar membutuhkan makanan itu atau itu hanya karena perasaan stres, kesepian, dan bosan yang menghinggapi Anda?

Jangan terlalu menghitung kalori
Menghitung kalori dipercaya dapat membantu tubuh menjaga kestabilan berat badannya. Namun hal ini malah membuat orang berpikir tentang kuantitas bukan kualitas. Mereka jadi cenderung mengabaikan beberapa kalori yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh demi alasan menjaga bentuk badan.

Tetap minum susu
Kebiasaan baik yang Anda lakukan saat masih kecil dengan rajin minum susu sebaiknya tetap Anda pertahankan hingga dewasa. Susu kaya akan vitamin, mineral, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Asal makan sembarangan tidak memikirkan ke depan, hal itu banyak terjadi di masyarakat. Tidak memikirkan efek dari makanan yang mereka konsumsi memang bukan sekarang efek tersebut di rasakan namun di akhir ketika mereka menginjak masa tua.

Atur pola makan kalian agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga artikel ini membantu bagi yang ingin menerapkan pola makan sehat.

Post a Comment

0 Comments