Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Surat lamaran - Bagi kalian yang ingin mencari pekerjaan. Mulai dari yang ingin menjadi CPNS, atau jadi pekerja apapun yang penting sesuai dengan kriteria kerja bagi kalian. Di tahun 2015 yang katanya sudah memasuki masa Globalisasi di mana pekerja asing dengan mudahnya masuk ke Indonesia untuk bekerja dan membuat orang pribumi susah untuk mencari pekerjaan.

Hal yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahasa yang sopan serta dengan kata-kata indonesia yang baik
  2. Di ketik menggunakan komputer (hasil ketikan) mempunyai poin plus untuk kalian
  3. Menggunakan font yang mudah di baca (Arial, Georgia)
  4. Menggunakan line spacing yang sesuai agar mudah dibaca dan dipahami

Surat Lamaran Kerja

Maka dari itu saya berikan contoh surat lamaran yang baik dan benar dibawah ini.




Jakarta, 11 Agustus 2015 
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan (PT atau tempat yang akan kalian lamar)
Jl. Babu 25, Kelurahan Sawit
Jakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Sebut Saja Mahmud
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 12-01-1990
Usia : 27 tahun 
Pendidikan Terakhir : SMKN 4 Jakarta Jurusan Teknik
Alamat : Kelurahan Sawit Asem, Jakarta
Telepon : 0800xxxxxxx
Email : jonxxx@gmail.com

Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di Website dan Informasi di Koran Mingguan, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan (sesuai apa yang tersedia). Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer, Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware, Instalasi Hardware dan Software, Microsoft Word, Exel dan program lainnya. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
  1. Foto Copy Ijazah terakhir 
  2. Daftar Riwayat Hidup 
  3. Foto Copy KTP 
  4. Foto ukuran 4 x 6 = 2 lembar 
  5. Foto Copy Sertifikat

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 11 Agustus 2015

Hormat Saya,



Sebut Saja Mahmud


*Surat lamaran di atas sudah sangat umum dan sangat simpel untuk dibuat sebagian besar para pemuda yang ingin mencoba bekerja dan menggunakan surat seperti di atas.

Atau kalian dapat mencoba surat lamaran yang ini.

Jakarta, 8 September 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Cantik Jelita Raya
Jl. Raya Kebon Durian No. 51
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Cantik Jelita Raya , seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 37 Agustus 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Cantik Jelita Raya .
Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama : Sebut Saja Mahmud
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 12-01-1990
Usia : 27 tahun 
Pendidikan Terakhir : SMKN 4 Jakarta Jurusan Teknik
Alamat : Kelurahan Sawit Asem, Jakarta
Telepon : 0800xxxxxxx
Email : jonxxx@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi Microsoft Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, Outlook, juga internet, maupun surat-menyurat menggunakan email. 

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Juragan Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup. 
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai. 
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan. 
  4. Pas foto terbaru. 
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.


Hormat saya, 


Sebut Saja Mahmud

Dan kalian bisa memakai yang paling simpel seperti ini.


Kepada:
Yth.Bapak Menteri Departemen Hukum
di Jakarta

Dengan Hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Nulandari Tri Astuti
Tempat & Tgl. Lahir : Jakarta, 20 November 1987
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : S1 Hukum
Alamat : Jl. Raya Kebayoran Baru No. 17 Jakarta
No. Telp / HP : 0811 1111 1111

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk dapat menerima saya sebagai Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) di wilayah hukum Republik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Foto Copy Ijasah Terakhir S1 legalisir
  2. Foto Copy Sertifikat computer
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy Akte Kelahiran
  5. Foto Copy SKCK
  6. Foto Copy Kartu Keluarga
  7. Foto Copy kartu kuning
  8. Pas photo berwarna dengan ukuran 4×6 

Demikianlah permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak Menteri Departemen Hukum dan HAM. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya, 



Nulandari Tri Astuti


Dari berbagai surat di atas dapat di simpulkan bahwa membuat surat lamaran pekerjaan yang terpenting adalah asal usul kita, niat kita ingin bekerja. Kita tunjukkan bahwa kita itu pantas dan cocok untuk bekerja di perusahaan yang ditujukan. Jika mereka sudah tau skill dan kemampuan kita dengan melihat daftar riwayat hidup dasar pendidikan yang cukup baik dan mampu menggunakan teknologi.

Yang terpenting adalah usaha kita yang besar untuk mencoba belajar dan mencari pengalaman. Melakukan hal positip dan bermanfaat adalah poin besar untuk kalian. Saat kalian di interview pastikan kalian bersikap sopan dan menampilkan sikap perilakau yang terbaik. Jika hal itu dilakukan pasti mudah untuk kalian di terima di peruasahaan yang kalian tuju.

Tips lain untuk dapat diterima kerja ialah menggunakan pakaian yang rapih. Pakaian yang rapi membuat kesan seseorang itu memiliki kedisiplinan tinggi dan etika yang baik. Memakai jam tangan juga membuat kita terlihat lebih mempunyai nilai plus. Sekian artikel ini saya buat demi membantu mencari referensi kalian yang baru lulus atau fresh graduate.

Semoga contoh surat lamaran kerja diatas membantu kalian untuk mendapat pekerjaan yang kalian impikan. Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments